Friday, May 8, 2009

Tahu Tidak Tentang CAD?

Anda pernah mendengar tentang CAD? Kalau belum, atau sudah pernah dengar tapi tidak tahu apa artinya, tidak perlu cemas dianggap kuper, karena kata itu memang belum masuk kosakata gaul sekarang ini. CAD adalah singkatan dari “Computer Aided Design”, kebanyakan mahasiswa teknik sipil atau pelajar STM Mesin pasti familiar dengan salah satu perangkat lunaknya yang terkenal dan sudah mempunyai banyak versi: AutoCAD. Tetapi untuk orang awam seperti saya, yang tidak bergerak di bidang teknik sipil/mesin, terus terang saya tidak kenal dan tidak merasa perlu kenal dengan teknologi yang satu ini.


Jadi bagaimana ceritanya saya menemukan situs www.tentangcad.com ? Sebuah situs yang mengkhususkan diri untuk berbagi tutorial dan tips mengenai aplikasi-aplikasi CAD. Umm.. agak malu juga mengakuinya, tapi semua dimulai dari pencarian saya tentang 'kontes blog' dan – seperti kebanyakan pemakai internet yang sulit berhenti mengklik setiap tautan yang menarik mata – jari-jari saya membuka tautan yang berjudul 'kontes review tentang cad'. Isinya?



Ternyata isinya adalah undangan dari pemilik situs www.tentangcad.com agar para blogger memberikan review atau tinjauan/ulasan mengenai hal apa saja yang terkait dengan situs itu. Isi tulisannya, desain situsnya, forumnya, intinya apa saja yang bisa membantu untuk meningkatkan kualitas situs ini. Kontes seperti ini tentunya bukan ide yang baru, tapi saya salut dengan pemilik situs yang mau bercapek-capek mengadakannya, bahkan dengan mempersiapkan hadiah segala ('cuma' 3 hadiah dan nilainya tidak seberapa, but still...). Artinya situs ini dikelola dengan serius dan punya tujuan jangka panjang. Di halaman 'About', dituliskan bahwa situs ini ke depannya dicita-citakan pemiliknya menjadi portal tutorial CAD terlengkap berbahasa Indonesia dan membantu mengembangkan komunitas CAD di Indonesia. Ini poin yang bagus sekali.

Sayangnya, kontes mengulas ini rupa-rupanya tidak diikuti oleh banyak peserta, terlihat dari pengumuman mengenai para nominator dari minggu ke minggu yang terkesan sepi. Di benak saya kemudian muncul pertanyaan-pertanyaan sederhana. Apakah situs ini kurang terkenal alias belum dibaca/diketahui oleh banyak orang, atau memang tidak banyak lagi yang bisa diulas (khususnya mengenai kekurangan situs) karena isi situs ini sendiri sudah bagus, atau semata-mata karena para pembaca situs ini bukanlah orang-orang yang suka bernarasi dalam tulisan? Yah, di kepala saya memang ada asumsi bahwa mayoritas anak-anak teknik sipil/arsitektur atau para drafter/teknisi sebagai segmen utama situs ini bukanlah tipe orang yang suka merangkai kata-kata.

Kesan Pertama

Mulailah saya melihat-lihat isi situs dengan pengetahuan saya yang cekak mengenai gambar teknik dan barisan perangkat lunaknya. Isi situsnya lengkap, ada forum yang cukup hidup dimana para pelakon gambar teknik saling berbagi ilmu dan pertanyaan, ada banyak artikel tutorial yang di-update secara berkala dan dikelompokkan menurut kategori software masing-masing, ada penawaran CD berisi koleksi tulisan di situs ini, ada direktori yang mencantumkan nama-nama perusahaan training CAD dan perusahaan software CAD, ada buku tamu, dan ada halaman yang sangat menarik buat saya yaitu 'Kontributor'. Ya, halaman itu menarik, karena saya bisa punya gambaran nyata mengenai profil dan tampang orang-orang yang mengelola dan/atau rajin menulis di situs ini. Dan seperti bisa diduga, semua kontributor adalah laki-laki. Mungkin itu sebabnya nuansa minimalis dan straight-to-the-point (bahkan cenderung agak kaku) cukup terasa di desain situs ini.

Desain yang kaku bagaimana? Contohnya, logo TC (Tentang Cad) hanya berupa ¾ lingkaran hitam berisi huruf TC dengan font standar berwarna putih. Terasa formal dan terus terang kurang catchy karena tidak unik dan mudah dilupakan. Bila logo tersebut dipasang/disablon di atas kaos atau mug suvenir, rasa-rasanya juga tidak terlalu keren bila dilihat oleh orang di luar komunitas CAD. Kemudian ada icon gambar di sebelah logo, yaitu foto meja gambar putih, lampu meja logam, dan cangkir kopi berwarna putih. I got the idea, tapi sebaiknya jangan gambar foto karena lagi-lagi terlalu biasa dan terlihat pucat disandingkan dengan background situs yang sudah berwarna putih/terang.

Kalau boleh saran, logo TC diganti dengan yang lebih unik dan menarik. Tidak harus rumit, coba saja lihat logo facebook, blogger, google, yahoo, atau beberapa situs terkenal lainnya. Logo mereka juga hanya menggunakan 1-2 warna (tapi bukan hitam-putih) dan dengan mudah bisa diingat/dibedakan. Sementara untuk icon meja kerja, sebaiknya bukan foto, tetapi hasil coretan tangan langsung seperti karikatur atau sketsa. Hal ini akan memberikan sentuhan lebih human dan artistik.

Untuk theme yang dipakai, secara objektif sudah sangat relevan dengan nilai rasa situs ini. Profesional dan 'straight to the point', layaknya sebuah portal teknologi modern :) . Fasilitas search juga berfungsi dengan baik. Sebagai orang awam, saya menyukai pembagian artikel menurut kategori software yang sangat jelas dan apik. Minimal saya jadi tahu bahwa software CAD itu tidak hanya AutoCAD, tetapi ada juga AutoLISP, Microstation, Inventor, Pro Engineer, Revit, dll.

Kalau boleh saran, untuk setiap artikel tutorial, mungkin bisa dicantumkan tujuannya untuk tingkat pemula, menengah, atau mahir. Sehingga untuk yang pemula, dengan mudah dapat mencari artikel-artikel pengetahuan dasar tentang software terkait. Who knows, suatu saat nanti bisa dikumpulkan menjadi semacam buku AutoLisp/Microstation for Dummies dalam bahasa Indonesia yang mudah dimengerti. Bukankah sampa saat ini sangat sulit mencari buku teks teknik dalam bahasa Indonesia yang adalah karya asli dan bukan terjemahan dengan bahasa yang janggal dibaca?

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Kembali ke rasa penasaran saya apakah situs yang lahir pada 19 Maret 2008 ini sudah cukup dikenal oleh segmennya ataupun pemakai internet di Indonesia. Saya memakai cara yang paling gampang, apalagi kalau bukan: bertanya pada mbah google indonesia dan mbak technorati :) Semoga cukup valid, karena toh algoritma google dan technorati juga sudah memperhitungkan variabel popularitas suatu situs untuk bisa tampil di halaman depan hasil pencariannya. Alasan lainnya, saya tidak punya teman anak teknik sipil/arsitektur ataupun drafter yang bisa saya tanyai apakah mereka kenal dengan situs 'tentangcad.com'.

Kata kunci yang saya masukkan disesuaikan dengan tujuan situs ini: 'tutorial autocad', 'tips and trick autocad', 'tutorial autolisp', 'tutorial microstation', 'tutorial pro engineer', 'tutorial inventor', 'tutorial revit'. Hasilnya? Eng..ing..eng...

Untuk kata kunci 'tutorial autocad' melalui mesin pencari google indonesia, situs tentangcad.com (TC) tampil di halaman pertama hasil pencarian namun ada di urutan ke-7. Urutan pertama dan kedua adalah situs lain yang memberikan tutorial mengenai desain grafis. Kemudian saya ganti dengan kata kunci 'tips and trick autocad', TC justru baru muncul di halaman ke-3. Sementara dengan kata kunci 'tips dan trik autocad' (bahasa indonesia yang lebih baik), situs TC malah tidak muncul-muncul sampai halaman ke-6 sehingga, seperti kebanyakan pemakai internet yang kurang sabar, saya berhenti saja.

Bagaimana dengan 'tutorial autolisp' dan 'tutorial microstation'? Wow, top. Situs TC langsung di halaman pertama di urutan pertama. Sementara 'tutorial inventor' dan 'tutorial revit' milik situs TC muncul di halaman ke-2. Namun untuk 'Tutorial pro engineer', situs TC kembali di belakang yaitu di halaman ke-4 hasil pencarian.

Untuk pencarian lewat Technorati, karena tidak ada pilihan bahasa Indonesia, hasil yang ditampilkan terlalu beragam dan situs TC tidak tampil di halaman-halaman depan dengan kata kunci manapun. Saya coba kata kunci 'tentang cad', namun tidak juga muncul situs TC. Kesimpulan saya, sepertinya TC belum mendaftarkan dirinya di Technorati. Walaupun setahu saya kebanyakan orang Indonesia lebih memilih Google atau Yahoo daripada Technorati sebagai mesin pencari, tidak ada salahnya TC mendaftarkan diri di Technorati untuk meningkatkan trafik.

Dari pencarian singkat dan sederhana itu, terlihat saat ini situs TC masih perlu meningkatkan trafik dan menarik pengunjung yang berminat dengan teknologi CAD khususnya untuk tutorial Autocad dan Pro Engineer beserta tips dan triknya. Bukannya dengan mudah ditemukan oleh orang baru (terutama yang tidak tinggal di Jakarta tempat kopdar tentangcad terakhir berlangsung) via mesin pencari, situs dan komunitas TC juga bisa dengan cepat berkembang? Selain dengan pemakaian kata kunci yang tepat (yang banyak dicari orang), TC juga dapat memasang beberapa video singkat di youtube tentang tutorial softwares cad dan menghubungkannya dengan situs tentangcad.com. Bisa juga dengan membuat fan page TC di Facebook. Sah-sah saja kan?


Tulisan ini utamanya dibuat sebagai bahan masukan yang mudah-mudahan membangun untuk tentangcad.com, dan bukan sekedar untuk mengikuti kontes review blog. Alangkah bangganya bila bangsa Indonesia semakin menguasai teknologi dan semakin tinggi kualitas sumber daya manusianya.




Update 8 Juni 2009 (pas sebulan setelah artikel ini diposting): Saya baru saja dapat email dari Mas Edo yang mengabarkan bahwa :
" Review ini terpilih sebagai pemenang I Kontes Review TentangCAD "

Terimakasih... Terimakasih... Jadi semangat untuk terus menulis :) :)

4 comments:

  1. yup, blog tentang CAD memang pas buat orang-orang yang pengen belajar lebih jauh tentang CAD. Semuga tentang CAD ada dan jaya selalu... dan buat mas, selamat berlomba, semoga menjadi yang terbaik..

    ReplyDelete
  2. Saya sangat ingin belajar CAD tapi nda bisa bisa

    ReplyDelete
  3. Selamat ya udah jadi pemenang, semoga tetep semangat... hehehe,,,

    ReplyDelete
  4. selamat mas jadi pemenang yah? maju terus dan tetep semangat. salam kenal.

    http://awalsholeh.blogspot.com

    ReplyDelete